Kamis, 14 Desember 2017

Para Agency rumah tangga di serang


Dewan Konsumen menerima 163 keluhan tentang layanan di bawah standar

Pengawas konsumen Hong Kong telah menerima 163 keluhan tahun ini tentang agen ketenagakerjaan yang menangani pekerja rumah tangga. Dewan Konsumen melaporkan bahwa proses perekrutan terlalu lama,bahwa resume calon pembantu rumah tangga menyesatkan dan banyak pekerja rumah tangga gagal muncul,menurut HK01.com.

Dari 43 lembaga, Dewan Konsumen menemukan bahwa 29 mengandalkan perusahaan asing untuk memverifikasi resume pekerja rumah tangga. Satu agen bahkan gagal memverifikasi dokumen yang disediakan oleh pembantu rumah tangga. Sisanya cenderung fokus pada kandidat yang sudah bekerja di Hong Kong. Sebagian kecil melalui pemeriksaan latar belakang yang ekstensif. Dalam satu kasus, majikan membayar HK $ 9.980 (US $ 1.278) kepada agen untuk menyewa seorang pekerja rumah tangga Indonesia pada bulan Januari. Tapi Sing Tao Daily melaporkan bahwa pembantunya gagal muncul pada bulan April dan agen tersebut mengatakan kepada majikan bahwa mereka tidak dapat menghubunginya. Agensi juga gagal menemukan penggantinya dan kemudian menyeret keluar proses pengembalian dana. Dalam kasus lain yang diterima oleh Dewan Konsumer, seorang pembantu Indonesia dipekerjakan setelah resume menunjukkan bahwa dia dapat berbicara bahasa Kanton dan Mandarin setelah bekerja di Taiwan selama enam tahun. Sebenarnya, dia hanya bisa berbicara beberapa kata dalam bahasa Mandarin, yang dia dapatkan saat bekerja di sebuah peternakan. Seorang pengadu diajukan ke agen tersebut, namun menunjukkan kepada klien bahwa mereka tidak dapat memverifikasi keaslian informasi yang diberikan pelayan tersebut.

Dewan Konsumen memperjelas bahwa agen tenaga kerja harus memastikan keakuratan resume dan tidak menyampaikan tanggung jawab kepada pengusaha.

Tidak ada komentar: