Minggu, 16 April 2017

Perusahaan AS di RI akan Buka Program Magang


Perusahaan AS di RI akan Buka Program MagangFoto: Dok. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendukung program magang nasional yang sedang digalakkan pemerintah Indonesia. Perusahaan-perusahaan AS di Indonesia akan menerima para tenaga kerja untuk magang.

"Kami akan meminta kepada perusahaan Amerika di Indonesia untuk menerima calon tenaga kerja untuk magang kerja," ujar Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr saat berkunjung ke kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Donovan mengatakan, program magang kerja merupakan isu global bagi kaum muda untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan sebelum memasuki dunia kerja. Program ini juga efektif untuk meningkatkan keahlian kerja serta mengurangi pengangguran.

Sementara itu Menaker Hanif Dhakiri berharap, perusahaan-perusahaan Amerika di Indonesia dapat memberi kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk magang kerja. Hal itu merupakan bagian dari kerja sama di bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan Amerika.

"Program magang kerja akan memberi penglaman kerja dan meningkatkan skill secara langsung kepada calon tenaga kerja Indonesia," kata Hanif dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Hanif kerjasama ini penting, mengingat semua perusahaan Amerika di Indonesia adalah perusahaan yang menggunakan teknologi serta organisasi kerja yang modern.

Untuk diketahui pada (23/12/2016) lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan program 'Deklarasi Pemagangan Nasional Menuju Indonesia Kompeten' di Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat. Program ini bertujuan meningkatkan SDM pekerja Indonesia.

Program yang digagas oleh Kementerian Ketenagakerjaan ini didukung oleh Kamar Dagang dan Industri, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia. 2.648 Perusahaan ikut menyukseskan program ini dengan memberi kesempatan jutaan calon tenaga kerja untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Tidak ada komentar: